Jangan Remehkan Manfaat Bawang Dayak untuk Kista

Manfaat bawang dayak untuk kista – Kista sering kali dinilai akan mengganggu kesuburan organ reproduksi pada wanita. Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar, karena umumnya kista bisa diangkat atau disembuhkan dengan mudah dan tidak mengganggu ovarium.

Tetapi pada jenis atau tipe kista ovarium kompleks, maka penanganan dengan jalan operasi memang bisa memengaruhi tingkat kesuburan si penderitanya. Solusi lain adalah pengobatan herbal. Manfaat bawang dayak untuk kista juga telah terbukti dengan sejumlah penelitian.

 

Mengenal Kista (Tumor Jinak)

Sebelum membahas manfaat bawang dayak untuk kista. Mari kita ulas sedikit tentang Kista. Penyakit Kista merupakan tumor jinak yang dibungkus oleh selaput jaringan. Umumnya berisi cairan yang kental. Namun ada pula kista yang berisi campuran nanah, cairan dan udara. Kumpulan dari sel-sel tumor jinak tersebut terpisah dari jaringan yang normal, sehingga sel-sel tumor tidak bisa menyebar ke organ tubuh lain. Namun hal itu bukan berarti tidak memiliki kemungkinan berubah menjadi tumor ganas atau kanker.

Berdasarkan dari tingkat keganasan, kista terbagi menjadi dua yakni neoplastik dan non-neoplastik. Kista jenis non-neoplastik bersifat sangat jinak. Kista jenis non-neoplastik biasanya dapat mengempis sendiri sesudah 2-3 bulan. Sedangkan jenis kista neoplastik cukup jinak namun umumnya memerlukan tindakan operasi untuk menghilangkannya, tergantung pula pada sifat dan ukurannya.

Namun kista ovarium lebih sering ditemukan pada pasien dibanding kista lainnya. Ovarium ukurannya sebesar kacang kenari. Organ ovarium berfungsi memproduksi sel telur setiap bulannya, dan hal tersebut akan terus berlangsung sejak memasuki masa pubertas sampai mengalami masa menopause. Ovarium juga memproduksi hormon yakni progesterone dan estrogen.

Pada kista ovarium, jenisnya terbagi lagi menjadi dua yakni fungsional dan patologis. Kista fungsional timbul dari siklus bulanan menstruasi. Kista fungsional tidak berbahaya serta tak jarang bisa menghilang atau sembuh dengan sendirinya. Sedangkan jenis patologis, mengandung sel yang abnormal bahkan sebagian kecil kasus jenis ini, bersifat kanker.

Kemunculan kista cenderung tak menyebabkan gejala, akan tetapi apabila sel kista mengalami pecah, atau berukuran besar, atau pun membuat aliran darah tersumbat menuju ovarium, maka hal itu akan menimbulkan beberapa gejala, antara lain yaitu :

  1. Menstruasi tidak teratur
  2. Mengalami nyeri di tulang panggul, saat sedang menstruasi atau sebelum menstruasi, ada pula yang merasakan nyeri setelah menstruasi
  3. Merasa nyeri ketika berhubungan seks
  4. Intensitas BAK menjadi sering
  5. Mengalami sulit BAB
  6. Pusing atau Limbung

Komplikasi sebenarnya juga dapat terjadi dan ditemukan pada beberapa kasus. Meskipun sebagian wanita penderita kista tidak merasakan munculnya gejala apapun, namun pada jenis kista ovarium tertentu dapat berubah fisat menjadi ganas. Hal itu lebih sering terjadi apabila penyakit kista baru muncul setelah penderitanya dalam masa menopause.

Oleh karena itu, pemeriksaan organ rahim secara rutin sebaiknya dilakukan meski tak merasakan adanya gejala apapun. Komplikasi yang dapat terjadi antara lain :

  1. Torsi ovarium.

Kondisi ini ditunjukan dengan kista yang makin membesar hingga menyebabkan posisi ovarium bergeser. Karena tidak pada posisi seharusnya, risiko ovarium mengalami terpelintir akan makin meningkat. Kondisi ovarium yang terpelintir ini disebut kondisi torsi ovarium

  1. Pecahnya kista

Kondisi ini akan menimbulkan nyeri yang teramat sangat dan perdarahan hebat di dalam perut.

 

Manfaat Bawang Dayak untuk Kista yang Terbukti

Selain solusi medis, ada pula solusi herbal untuk menyembuhkan kista. Pernahkah mendengar tentang bawang dayak? Dapatkan manfaat bawang dayak untuk kista. Bawang dayak merupakan salah satu bahan pengobatan herbal yang sangat kaya kandungan bermanfaat untuk kesehatan. Bawang dayak memiliki nama ilmiah yaitu Eleutherine Bulbosa. Asal muasal tanaman ini dikabarkan berasal dari Amerika di daerah beriklim tropis.

Sedangkan di Indonesia, hutan Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang terkenal sebagai tempat tumbuh suburnya tanaman bawang dayak ini. Tanaman kaya khasiat ini semakin gencar dibudidayakan seiring penelitian yang mengungkapkan manfaat besar bawang dayak bagi kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit.

Bawang dayak memiliki ciri-ciri akar rimpang, umbi lapis dan tanamannya berupa daun-daunan semua. Sebagian daun berdesakan di pangkal batang. Bunganya berkelamin ganda, terletak beraturan yang berada di seludang bunga. Di setiap bunganya memiliki daun, sebagai pelindung bunga. Bentuk bawang dayak menyerupai bawang lainnya khususnya menyerupai bawang merah, tetapi bentuk daun bawang dayak berbeda dengan bawang merah.

Rasa bawang dayak juga cenderung agak pahit dan pedas. Walau memiliki rasa agak pahit, namun karena itulah bawang dayak memiliki kandungan senyawa-senyawa yang berkhasiat besar. Beberapa senyawa kandungan bawang dayak antara lain Saponin, Flavonoid, Tanin, Glikosida , Fenolik, Steroid, Trifenoid dan Alkaloid.

Berdasarkan sejumlah penelitian, bawang dayak memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Selain manfaat bawang dayak untuk kista, penyakit lainnya yang dapat diatasi dengan mengonsumsi bawang dayak secara rutin yakni jantung koroner, tuberkulotis, hipertensi, bronkitis, diabetes mellitus, radang rectum, asam urat, ambeien, radang prostat, peluruh lemak, kolesterol, wasir atau ambein, asma dan hepatitis

Untuk memperoleh manfaat bawang dayak untuk kista bagaimanakah cara mengolahnya hingga dapat dikonsumsi? Cukup mudah, hanya perlu menyiapkan sekitar 5 siung bawang dayak lalu cuci bawang dayak hingga bersih kemudian iris-iris. Rebus bawang dayak menggunakan air sekitar 600 ml. Angkat air rebusan dari api, bila airnya sudah tersisa sekitar 400 ml.

Saring dan bagi air rebusan bawang dayak menjadi 2 gelas. Minum air rebusan bawang dayak secara teratur 2 kali setiap hari agar benar-benar mendapatkan manfaat bawang dayak untuk kista. Tambahkan 2-3 sendok makan madu murni, untuk menambah rasa manis yang sekaligus madu juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat bawang dayak untuk kista juga dapat diperoleh untuk pencegahan.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum benar-benar memutuskan untuk menjalani tindakan medis seperti pembedahan, tak ada salahnya mengonsumsi obat herbal yang lebih minim risiko. Salah satu obat herbal itu adalah bawang dayak. Manfaat bawang dayak untuk kista telah dibuktikan dengan penelitian. Namun mengonsumsi obat herbal tidaklah instan, kerutinan mengonsumsi berpengaruh pada hasil kesembuhan yang diharapkan.

Khasiat Bawang Dayak Sangat Ampuh untuk mengatasi penyakit

Bawang Dayakbermanfaat untuk penyembuhan macam penyakit. Antara lain:

Amandel, Ambeien, Asam Urat, Asma, Bisul, Bronkhitis, Darah Rendah, Diabetes

Melitus, Epilepsi, Gangguan Pencernaan Lambung, Gangguan Seksual, Ginjal, Gondok,

Hepatitis, Hipertensi/Darah Tinggi, Insomnia, Jantung, Kanker Kelenjar Getah Bening, Kanker Paru-Paru, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Usus, Keputihan,

Kista, Kolesterol, Maag, Migrain, Myom, Obat Muntah, Pelupa/Menurunnya Fungsi

Ingatan, Peluruh Kemih, Pencahar, Prostat, Radang Usus, Rematik, Sakit Kuning,

Sakit Perut, Sakit Pinggang, Stamina, Stroke, TBC, Vertigo dan Vitalitas

Harga Bawang Dayak Kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *